Berita 2.344 ORANG LAMAR LOWONGAN PERDES BOYOLALI

Posted on: 06 Nov 2017 Oleh Web Admin

BOYOLALI : Lowongan jabatan perangkat desa (Perdes) di Boyolali cukup diminati masyarakat. Setidaknya terdapat 2.344 orang yang melamar dan dinyatakan lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti tes tertulis selama dua hari, Senin-Selasa (6-7/11/2017).
Ribuan pelamar tersebut terbagi untuk sejumlah formasi, yakni formasi sekretaris desa (Sekdes), lepala dusun (Kadus), kepala urusan (Kaur) dan  kepala seksi (Kasi).
Untuk formasi Sekdes, terdapat 1.061 pelamar yang akan memperebutkan 237 formasi lowongan. Kemudian untuk jabatan Kadus, terdapat 392 orang peserta,yang nantinya hanya diambil 147 orang saja.
Untuk jabatan Kaur, dari 179 lowongan akan diperebutkan sebanyak 568 pelamar. Sedangkan untuk jabatan Kasi sebanyak 412 pelamar yang berebut 124 posisi lowongan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto membenarkan tingginya minat masyarakat mengikuti rekruitmen lowongan jabatan Perdes tahun ini. Selain lantaran sudah lama baru saat ini dilakukan pengisian jabatan Perdes secara serentak, tingginya minat masyarakat juga lantaran mereka ingin mengabdikan diri pada masyarakat dan desanya masing-masing.
Dijelaskan Purwanto, ribuan pelamar di atas sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan dijawalkan mengikuti ujian tertulis selama dua hari besok.
“Ujian tertulis akan dilangsungkan di kecamatan masing-masing,” terang Purwanto.
Terkait lokasi ujian, menurut Purwanto kondisional sesuai kesepakatan panitia di masing-masing kecamatan. Ujian bisa dilangsungkan di UPTd maupun di kantor kecamatan atau lainnya yang dinilai representatif.
Lebih lanjut dijelaskannya, teknis pelaksanaan ujian tertulis nantinya, tim penguji akan berasal dari Unit Pelaksana Tugas Daerah Pendidikan Dasar dan Luar Sekolah (UPTD Dikdas LS) dan guru SMP dan SMA yang sudah dibentuk di 19 kecamatan. Tim penguji ini nantinya akan menilai kemampuan calon Perdes, termasuk dari hasil nilai naskah soal yang sudah disiapkan.
Masing-masing calon Perdes nantinya wajib menjawab pertanyaan yang disiapkan oleh tim penguji, baik yang berkaitan dengan pengetahuan umum maupun pengetahuan di bidang yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.
Purwanto menegaskan, naskah soal untuk formasi Sekdes dengan Kaur berbeda, sekalipun tetap akan ada soal yang bersifat umum.
Purwanto menambahkan, setelah pelaksanaan ujian tertulis ini, tidak perlu lama untuk mengetahui hasil tes. Nantinya, tim penguji akan menyampaikan hasil tes ke camat untuk dilanjutkan ke masing-masing kepala desa.
“Sehari setelah tes tertulis, hasilnya sudah akan disampaikan,” ujar Purwanto.
Kemudian lanjut dia, kepala desa akan berkonsultasi dengan camat terkait siapa saja yang akan menduduki masing-masing formasi jabatan dan camat akan memberikan rekomendasi. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru